Sepatu Ortopedi Jenna yang ke-3, Sepatu AFO

Advertisement

Jenna dan Sepatu AFO-nya (ya ampun, susah banget di fotonya -_-)


Sudah lama berniat membuat postingan tentang sepatu ortopedi Jenna lagi, sebagaimana kujanjikan di artikel sebelumnya (yang mana itu sekitar 2,5 tahun yang lalu, pemirsah). Tapi ya begitulah, sampai akhirnya Jenna udah buat sepatu ortopedi yang ketiga dan si artikel tidak kunjung kubuat :'D

baca: Sepatu Ortopedi, Jenna

Jadi pada kesempatan kali ini, aku  mau sedikit bercerita tentang Jenna dan sepatunya. Kalau yang sudah baca artikel sebelumnya, mungkin sudah tahu kalau kaki kanan Jenna jinjit sehingga agak kesulitan berdiri tegak. Tapi Alhamdulilah, tepat di usia 2 tahun, akhirnya Jenna bisa jalan juga. Saat ini Jenna sudah hampir 5 tahun, sudah lancar jalan, tapi kaki yang kanan masih tetap jinjit.

Mungkin ada yang berpikir, loh kok masih jinjit? Lalu apa gunanya pakai sepatu terapi/sepatu ortopedi?

Jadi, awalnya memang kami mengira penyebab Jenna jinjit murni karena kebiasaan akibat penggunaan baby walker. Tapi ketika Jenna umur 3 tahun dan kami melihat kakinya masih juga jinjit, akhirnya kami konsultasikan kembali ke beberapa dokter, mulai dari dokter ortopedi, dokter syaraf di luar kota, dokter rehab medik dan ujung-ujungnya sih tetep aja balik lagi ke dokter anak sub spesialis syarafnya Jenna di Klinik Anakku BSD, yaitu dr. Setyohandryastuti. Dan hampir kesemua dokter mendiagnosa Jenna terkena Cerebral Palsy Hemiplegia bagian kanan.

Baca ini juga: Ketika Dokter Mendiagnosa Cerebral Palsy 

Singkat kata, kaki kanannya Jenna bukan sesuatu yang bisa disembuhkan secara permanen. Yang bisa dilakukan adalah memaksimalkan fungsinya dan menjaganya supaya tidak bertambah parah. So, Jenna sempat juga loss tidak pakai sepatu sejak umur sekitar setahun karena kami melihat sepetinya penggunaan sepatu ortopedi sebelumnya (jenis thomas heel) tidak terlalu memberikan hasil signifikan (doi tetep bisa jinjit walau udah pake sepatu itu!). Jadi penanganan yang kami lakukan hanya melakukan streching kaki kanannya sesering mungkin.

Nah, ndilalah, di bulan Oktober 2016 kemarin, Jenna terkena serangan kejang yang ketiga kalinya. Semenjak itu entah kenapa aku melihat kaki kanannya semakin kaku. Jadi, kembalilah aku berkonsultasi dengan dokter-dokter diatas dan kali ini dokter rehab medik merekomendasikan penggunaan sepatu ortopedi anak jenis AFO (Ankle Foot Orthosis). Sepatu AFO adalah alat bantu menyerupai kaki, dan memiliki fungsi utama sebagai alat bantu ortopedi yang mampu memfiksasi sendi ankle atau lebih tepatnya pada tendon achiles untuk mempertahankan posisi kaki pada bentuk anatomi normal manusia (terdengar keren kan bahasanya, itu aku copas kok dari: www.bisamandiri.com :D)
sepatu afo anak
Sepatu AFO Jenna sebelah kanan

Aku pesan di ahli ortosis yang sama dengan tempat pertama kali pesan sepatu ortopedi anak yang thomas heel. Harganya kurang lebih setengah harga kalau kita pesan di rumah sakit, yaitu Rp450.000. Ini harga sebelah ya pemirsah, bukan sepasang. Kalau harga sepatu AFO sepasang adalah Rp750.000. Selain itu karna ternyata menurut ahli ortosisnya Jenna pasti kalau tidur lutut kanannya gak pernah lurus, terlihat dari posturnya. Yang baru saat itu kusadari bahwa ini benar adanya. Jenna memang selalu menekuk kaki kanannya ketika tidur. Karena itu oleh ahli ortosisnya dibuatkan juga splint lutut yang digunakan untuk membalut lutut kanannya ketika tidur agar tidak melulu ditekuk. Oya, harga splint lutut ini Rp300.000.

Sepatu AFO ini dipakai selama mungkin, bahkan ketika tidur. Awalnya Jenna mengeluh kesakitan, terutama saat dipakai tidur. Aku lihat tumitnya juga memerah. Namun lama kelaman sepertinya mulai terbiasa dan sekarang sudah tidak mengeluh kalau terlalu lama pakai. Tapi kalau tidur tetep ngeluh sih, mungkin karna jadi ga bebas bergerak.

Hingga saat ini aku cukup merasakan perubahan yang signifikan, kakinya jadi tidak terlalu kaku lagi seperti setelah kejang kemarin. Walau sayangnya, tetap saja dia jinjit! Karena sudah kebiasaan kali, yaa!

Yah, begitulah ceritaku kali ini tentang penggunaan sepatu AFO, Sepatu Ortopedi Jenna yang ketiga. Semoga bisa jadi referensi untuk para orang tua yang sedang mencari sepatu ortopedi untuk anaknya.

Untuk melihat video pemakaiannya bisa cek disini:




Advertisement

Share this:

,

CONVERSATION

20 comments:

  1. semoga bisa membaik ya Jenna dengan AFO ini. amiin

    ReplyDelete
  2. Semoga masa depan adek Jenna cerah secerah mentari di pagi hari, amin

    ReplyDelete
  3. Hi jenna, kamu secantik kirana anaku sayang...pasti kirana jg akan suka dibeliin sepatu sepertimu...sehat terus ya jenna cantikπŸ˜™πŸ˜š

    ReplyDelete
  4. Hi Jenna, anak saya jg memakai AFO, boleh minta kontak ahli ortosisnya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya boleh, nanti sy kirim ke email ya

      Delete
  5. Ka aq udh email .. tlg d bls yaa .. 😊

    ReplyDelete
  6. Mb..boleh minta no. telp yang buat sepatu nya,,utk anak saya..tks

    ReplyDelete
  7. semoga perkembangan semakin baik ya jenna anak cantik

    ReplyDelete
  8. Hai Jenna...tambah sehat ya...
    Mbak, bisa minta no. atw alamat utk buat spatu AFO nya krn anak saya jg sperti Jenna, kaki kanannya jinjit&kaku.
    Makasih seblmnya ya Mbak atas infonya.

    ReplyDelete
  9. Haii, aku mau Tanya klo pesen sepatu ortopedi apakah harus pake resep dokter.contact person buat sepatunya

    ReplyDelete
  10. Haii, aku mau Tanya klo pesen sepatu ortopedi apakah harus pake resep dokter.contact person buat sepatunya

    ReplyDelete
  11. Mba boleh minta nomor telfon tempat pembuatan sepatu. Saya tinggal di wilayah timur indonesia.

    ReplyDelete
  12. hai jenna. gmn kabar nya skrg? sudah 1thn pos pemakaian AFO ya? apa kaki nya sudah tidak kaku.. adek thoriq anak om juga sama cerebral palsy spastik. ada yg menyarankan oprasi untuk memperpanjang tendon acholes nya. menurut mama jena gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, kalau Jenna pakai sepatu tidak banyak perubahan karena kurang telaten, seharusnya dipakai malam juga tapi krn JeEnna sering kesakitan jadi tidak dipakaikan, hanya sbg alat bantu jalan sja supaya tidak sering jatuh saja.

      Alhamdulillah awal tahun kemarin JEnn juga di operasi pemnjangan tendon Achiles, dan skrg kaki kanannya sudah tidak jinjit lagi. hanya saja memang masih terus fisioterapi untuk menormalkan jalannya yg masih belum luwes. Jadi menurut saya kalau memang dokter menyarankan begitu layak dicoba kok om.

      Delete
    2. lengkapnya bisa di cek di postingan terbaru saya disini : http://www.saramai.net/2018/04/operasi-pemanjangan-tendon-achilles.html

      Delete
  13. Maaf mba. Boleh mnt infonya untuk pembuatan sepatu khusus selebral palsy alamat/kontak nya dmn..?sya tnggal d jakarta timur. .
    Keponakan sya nayla umur 7 thn,jga sama mngalami klainan pda tubuh sebelah kiri..., terima kasih sblny

    ReplyDelete
  14. Maaf mba. Boleh mnt infonya untuk pembuatan sepatu khusus selebral palsy alamat/kontak nya dmn..?sya tnggal d jakarta timur. .
    Keponakan sya nayla umur 7 thn,jga sama mngalami klainan pda tubuh sebelah kiri..., terima kasih sblny

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba, silahkan di postingan terbaru saya ya 😊

      Delete

Silahkan tanya apa saja ya ^^