Klinik Fisioterapi Anak Wilayah Tangerang Selatan dan Sekitarnya

Sudah lama ingin ingin menulis ini, tapi baru sekarang kesampaian membuat postingan Klinik Fisioterapi Anak , khususnya di wilayah Tangerang Selatan dan sekitarnya. Mudah-mudahan ada yang terbantu. Siapa tahu ada yang sedang mencari info klinik fisioterapi anak dengan biaya yang terjangkau. karena sebelumnya aku juga sempat kesulitan mencari info ini di internet. Oya, kalau yang baru pertama kali membaca blog ini mungkin penasaran kenapa anakku, Jenna perlu di fisioterapi, bisa baca disini ya: Ketika Dokter Mendiagnosa Cerebral Palsy

Sebenarnya klinik fisioterapi anak itu cukup banyak. Rata-rata, hampir semua Rumah Sakit yang ada dokter anaknya pasti memiliki klinik fisioterapi. Untuk wilayah Tangerang Selatan sendiri, aku sudah pernah mencoba fisioterapi untuk Jenna di beberapa Rumah Sakit, diantaranya RS. IMC Bintaro, RS. Bunda Dalima, RSIA Buah Hati Pamulang, Eka Hospital dan beberapa tempat lain. Namun memang tidak semuanya memuaskan, entah masalah kesulitan menyocokkan jadwal, kemahalan, atau kurang 'sreg' sama terapisnya. Jadi, yang aku rekomendasikan saat ini dua tempat saja yang Jenna cukup lama bertahan terapinya.

1. Klinik Anakku
Ini klinik tempat pertama kali Jenna terapi. Waktu itu usia Jenna 4 bulan. Klinik Anakku ini khusus menangani masalah tumbuh kembang anak. Jadi, dokter dan terapis yang menangani pun sudah terbiasa dengan anak- anak berkebutuhan khusus. Klinik Anakku ini punya beberapa cabang, yang paling dekat dari rumahku, ya di cabang Bumi Serpong Damai (BSD). Selain itu ada cabang di Pondok Pinang dan Kelapa Gading juga kalau tidak salah. Info lengkapnya bisa langsung ke websitenya di www.anakku.net
Klinik Anakku BSD
(sumber:googlemaps)


Sebenarnya sih kami cukup cocok dengan tempat fisioterapi anak ini dan juga terapisnya. Sayangnya, karena mungkin pasiennya banyak, jadi memang untuk dapat jadwal terapi harus antri. Dan dalam seminggu harus ditentukan hari apa dan jam berapa. Kalau lebih dari dua kali nggak bisa datang langsung di drop ke pasien lain dan harus antri jadwal ulang.

Karena waktu itu memang 'ngejar' keterlambatan Jenna dalam hal tengkurap dan duduk, jadi ya di bela-belain ijin ke kantor setiap minggu untuk bisa nganter fisioterapi kesini. Tapi lama- kelamaan nggak enak juga terus-terusan ijin. Begitu Jenna sudah bisa duduk sendiri di usia 1 tahun, mulai kendor deh terapinya. Alhasil di usia Jenna 1,5 tahun berhenti terapi. Soalnya jadwalnya udah dikasih ke anak lain karena sering nggak datang, heuhe.

Btw, ini video Jenna ketika fisioterapi di Klinik Anakku BSD yang sempat terekam kamera:




2. Klinik ACE Center Depok 
Klinik fisioterapi anak yang kedua adalah ACE Center Depok. Aku dapat info tempat terapi ini dari hasil browsing google hingga sampai ke websitenya disini  Anwar Clinic And Education Center. Walaupun judulnya Depok, tapi aslinya lokasinya di daerah Sawangan dan lebih dekat ke arah Tangerang Selatan. Waktu itu kalau nggak salah usia Jenna 3 tahun. Rencana mulai terapi lagi karena walau akhirnya bisa jalan, tapi jalan jinjit (sampai sekarang, sih!). Dan kata dokternya itu bisa berpengaruh ke tulang belakangnya. 

Enaknya disini, karena tempat terapinya di rumah pribadi terapisnya, jadi jadwalnya bisa fleksibel, yang penting sebelumnya infokan dulu via SMS/WA untuk memastikan jam yang diinginkan kosong. Namun kelemahannya, karena waktunya fleksibel ya jadinya kitanya suka mood-mood-an gitu buat terapi >_<

Awalnya Jenna sempet nangis-nangis setiap terapi karena terapisnya lelaki (Jenna paling anti di pegang lelaki). Namun berkat kesabaran Pak Anwar (nama terapisnya), akhirnya lama-lama Jenna luluh juga dan sekarang udah nggak nangis lagi kalau dibawa terapi. Selain itu terapis yang ini lebih senior dibandingkan terapis sebelumnya di Klinik Anakku BSD, jadi kutaksir jam terbangnya pun lebih banyak. Dan, karena Pak Anwar aktif di facebook, jadi bisa sekalian konsultasi via inbox FB, untungnya Pak Anwar ini baik hati dan tidak sombong, jadi selalu bersedia jawabin pertanyaanku lewat inbox, hihihi (maap ya pak ngerepotin, soalnya ini pasti dibaca sama Pak Anwar :p)

Selain melatih jalan jinjitnya, Jenna juga dilatih melancarkan koordinasi motorik halus dan kasarnya, karena sampai umur 3 tahun, Jenna masih belum mantap memegang pulpen ataupun sendok. Sebenarnya, latihan-latihan ini bisa dilakukan sendiri di rumah. Asalkan kitanya telaten (ini yang sussaahh..). Dan, yang paling utama dan harus dilakukan untuk menghilangkan kekakuan di kaki jinjitnya yaitu, streching kaki!

Begini cara streching kaki yang dilakukan Pak Anwar dan juga yang (seharusnya) sering kami lakukan di rumah:





Sampai saat ini, memang sih Jenna lebih sering kami streching kaki sendiri di rumah. Selain itu karena sudah pakai sepatu AFO, harapannya semakin lama bisa semakin membaik jalan jinjitnya. 

Walaupun begitu memang harus ada kontrol perkembangannya, jadi  beberapa bulan sekali kami harus tetap kontrol ke terapis atau dokter rehab medik-nya. YAh, jadi begitulah kira-kira. Semoga tulisan tentang fisioterapi anak ini bisa membantu para orantua yang sedang mencari klinik fisioterapi untuk anaknya.







Share this:

,

CONVERSATION

2 comments:

  1. Mbak saraaa.... rumah saya tangsel juga, jangan2 kita deketan ya... :) semoga Jenna sehat selalu ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tangselnya dimana emang mbak?

      iya makasih yaa.. amiiin

      Delete

Silahkan tanya apa saja ya ^^