Operasi Pemanjangan Tendon Achilles untuk Anak Jalan Jinjit (Achilles Tendon Lenghtening) dengan menggunakan BPJS di RS Medika BSD

Advertisement

operasi pemanjangan tendon

Jadi ceritanya, setelah fisioterapi di RS Medika BSD selama kurang lebih 2 bulan, ternyata kaki kanan Jenna yang jalannya jinjit tidak kunjung membaik. Sehingga oleh dokter rehab medik disana dirujuk ke dokter ortopedi agar dapat dilakukan operasi pemanjangan tendon. Awalnya aku sempet nanya apa nggak dikasih botox dulu, cuma katanya sih kalau botox biasanya akan balik lagi setelah beberapa bulan. Jadilah kami ke dokter ortopedi yang juga menyarankan untuk operasi pemanjangan tendon achilles karena memang tendon kanan pun sudah memendek sepanjang 1 cm.

 Karena pindah rujukan, jadi kami harus mengurus rujukan dari awal lagi ke puskesmas dengan tujuan poli ortopedi. Prosesnya nggak lama sih, kurang lebih 2 minggu kami sudah dapat jadwal operasi. Sayangnya karena waktu itu dokternya bilang kalau pemulihannya cukup lama, bisa sekitar 4-6 minggu hingga gipsnya bisa dilepas dan setelah itu pun masih harus fisioterapi untuk belajar jalan lagi, jadilah kami galau siapa yang harus menjaga Jenna? Jadi kami minta jadwal operasnya diundur sampai kami selesai bermusyawarah. Dan hasil musyawarah keluarga kami pun adalah.. tadaaa... yap, kuputuskan untuk resign saja dari kantor :D

Jadi setelah menyiapkan staff pengganti, dan mengurus segala sesuatunya berkenaan dengan proses resign dari kantor, diputuskan jadwal operasi pemanjangan tendon achilles Jenna akan dilangsungkan pada hari Selasa, 9 Januari 2018. Alhamdulillah biaya operasi tendon ini nol rupiah alias gratis karena semua di cover oleh BPJS. Jadi pada hari selasa pagi kami datang ke RS Medika BSD untuk daftar rawat inap, dan siang harinya langsung di operasi.

Jadwal operasi yang seharusnya jam 13.00 sempat molor karena ternyata hari itu banyak sekali yang di operasi. Untungnya Jenna nggak rewel dan cukup kooperatif (disogok pake streaming youtube sih :D). Dan, tepat jam 15.40, Jenna diminta masuk ruang operasi, untungnya aku boleh ikut ke ruang operasi dan menunggu sampai obat biusnya bekerja dan dia tertidur. Disitu aku baru tahu kalau proses bius total itu cepet banget. Dari sejak dinsuntikkan obat bius lewat infus hingga Jenna tertidur prosesnya hanya sekitar 5 detik saja.

Jenna selesai dioperasi sekitar pk. 16.30, Alhamdulillah operasinya berjalan lancar. Setelah sadar pun dia tidak mengeluh sakit atau apalah, selain mengeluh lapar dan haus :D Video Jenna pas baru sadar sempat aku dokumentasikan disini:


Malamnya Jenna menginap di RS, disini juga doi tampak begitu menikmati dan santai, nggak mengeluh apa pun, malah asyik nonton tivi sambil ngemil. Dan, ketika besok paginya oleh dokter dinyatakan boleh pulang, komentar doi adalah "Mah, kenapa sih aku nginepnya cuma sehari, aku mau kayak papa dulu pas di opname nginepnya 3 hari. " ^^;

Intinya, proses operasi pemanjangan tendon achilles Jenna berjalan lancar, kedua kaki nya sudah sama. Selanjutnya tinggal proses pemulihan kakinya pasca operasi dan fisioterapi untuk melancarkan jalannya.






Advertisement

Share this:

, ,

CONVERSATION

2 comments:

  1. semangat kak jenna...
    salam dari bang zufar utk semangatnya...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasihhh... semangat juga buat bang zufar!!

      Delete

Silahkan tanya apa saja ya ^^